Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Tai (Team Assisted Individualization) Berbantuan Buku Saku Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016


Oleh :
Primadi Gayuh Laksono Putro - K3312060 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) minat siswa pada materi Stoikiometri melalui penerapan model pembelajaran  TAI (Team Assisted Individualization)  berbantuan  buku  saku  dalam  kegiatan  pembelajaran  pada materi stoikiometri, (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri melalui penerapan   model   pembelajaran       TAI   (Team   Assisted   Individualization) berbantuan buku saku dalam kegiatan pembelajaran pada materi stoikiometri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas  yang dilaksanakan dalam   dua   siklus,   dengan   tiap   siklus   terdiri   atas   perencanaan   tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Karanganyar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan  data adalah  dengan  tes  dan  non  tes  (observasi,  wawancara dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku pada pembelajaran materi stoikiometri dapat meningkatkan minat siswa kelas X IPA 6. Ketercapaian minat siswa pada siklus I sebesar 100%, hanya dilaksanakan dalam I siklus (2) Penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan buku saku pada pembelajaran materi stoikiometri dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X IPA 6 ditunjukkan dari aspek pengetahuan siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 41,38?n siklus II meningkat menjadi
72,41%. Aspek sikap dilaksanakan I siklus dengan ketercapaian sebesar 100%. Aspek Keterampilan dilaksanakan I siklus dengan ketercapaian sebesar 100%.