Abstrak


Studi Efektivitas Penggunaan Media CVA (Creative Visual Aids) Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas 7 Materi Asam Dan Basa Di Smp Negeri 4 Surakarta


Oleh :
Maria Ciptaning Sabdo Kawedhar - K3313044 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pengggunaan media CVA (Creative Visual Aids) pada mata pelajaran Kimia kelas 7 materi Asam dan Basa melalui pendekatan saintifik di SMP Negeri 4 Surakarta. Penelitian ini bertumpu pada penelitian mengenai studi efektivitas CVA yang dilakukan oleh Kawedhar dan Mulyani pada 2017 di Araullo High School, Manila.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan media CVA sebagai variabel penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 7D, 7E, dan 7F di SMP Negeri 4 Surakarta, dengan kelas 7D sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method yang menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan metode kualitatif untuk membantu mengembangkan instrumen dan pengukuran data kuantitatif.. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes dan non tes berupa observasi, wawancara semi terstruktur, dan foto kegiatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CVA (Creative Visual Aids) efektif digunakan pada mata pelajaran Kimia kelas 7 materi Asam dan Basa melalui pendekatan saintifik di SMP Negeri 4 Surakarta.
Kata Kunci: Penelitian Eksperimen, Mixed Method Research, Creative Visual Aids