Abstrak


Pengaruh Variasi Anyaman Serat Cantula (Agave Cantula Robx) Terhadap Perilaku Lentur Pada Polymer Modified Mortar (PMM)


Oleh :
Pungky Tri Istanto - I0112114 - Fak. Teknik

ABSTRAK

Beton adalah material yang digemari dalam dunia konstruksi, namun bangunan dengan material beton dapat mengalami kerusakan berdasarkan banyak faktor, sehingga TRC yang tersusun dari material mortar polimer dengan tekstil digunakan sebagai material perkuatan dan perbaikan pada material beton. Serat Cantula merupakan serat alami yang memiliki kemampuan mekanik yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai material tekstil untuk perkuatan dan perbaikan beton. Pada penelitian ini dikaji tentang kapasitas lentur, keuletan, daktilitas, dan kekakuan polymer modified mortar yang ditambah anyaman serat cantula.
Metode yang  dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di Laboratorium Bahan dan Laboratorium Struktur Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UNS, serta Laboratorium Material Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik UNS. Benda uji yang digunakan dalam pengujian bending memiliki ukuran panjang 250 mm, lebar 50 mm, dan tinggi 10 mm. Anyaman serat cantula yang digunakan sebagai perkuatan memiliki rongga 10 mm × 20 mm dan 5 mm × 20 mm.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan anyaman serat cantula pada polymer modified mortar sebagai perkuatan dapat meningkatkan nilai keuletan dan daktilitas secara signifikan, sedangkan untuk nilai kapasitas lentur dan kekakuan terjadi peningkatan yang relatif kecil.
Kata kunci: Serat Cantula, Bending Test, TRC