Abstrak


Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara Melalui Penerapan Alat Bantu Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Haryono - K4611054 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara siswa XI TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa putra dan 21 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara siswa pada Siklus I dari 35 siswa mencapai 69% atau sebanyak 24 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 88,58% atau sebanyak 31 siswa dinyatakan tuntas sedangkan 4 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada siswa kelas XI TGB SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya berjalan di udara, Penggunaan Alat Bantu.