Abstrak


Pengaruh Latihan Depth Jump Dan Jump To Box Terhadap Power Tendangan Idan Dollyo Chagi Taekwondoin Putra Usia 15-19 Tahun Di Dojang Central Sukoharjo Tahun 2016


Oleh :
Luthfi Ramdhansyah - K5611050 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya (1) Perbedaan pengaruh latihan pliometrik  depth jump dan jump to box terhadap peningkatan power tendangan idan dollyo chagi taekwondoin putra usia 15 – 19 tahun di Dojang Central Sukoharjo tahun 2016; (2) Latihan apa yang lebih baik pengaruhnya antara latihan pliometrik  depth jump dan jump to box terhadap peningkatan power tendangan idan dollyo chagi taekwondoin putra usia 15 – 19 tahun di Dojang Central Sukoharjo tahun 2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa taekwondo Dojang Central Sukoharjo yang berjumlah 150 orang. Dari jumlah populasi yang ada diambil sampel dengan cara purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan,  dengan penelitian sejumlah 30 orang. Dari jumlah sampel 30 orang dilakukan tes dan pengukuran power tendangan idan dollyo chagi  kemudian hasil dari tes di rangking, setelah itu dipisahkan ke dalam kelompok 1 dan kelompok 2 dengan cara ordinal pairing, sehingga kedua kelompok mempunyai keterampilan yang merata. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data melalui tes dan pengukuran kemampuan power tendangan idan dollyo chagi menggunakan alat ukur tes yang dirancang sendiri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan dengan melalui uji prasyarat yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan dengan metode depth jump dan jump to box terhadap kemampuan power tendangan idan dollyo chagi taekwondoin putra usia 15-19 tahun di Dojang Central Sukoharjo tahun 2016, dengan thitung= 0,0698 latihan metode jump to box = 1,86 %.

Kata Kunci: Kemampuan power tendangan taekwondo idan dollyo chagi, metode latihan depth jump, metode latihan jump to box.