Abstrak


Pengaruh Pemberian Kortikosteroid Dosis Rendah terhadap Derajat Inflamasi Usus pada Sepsis Tahap Awal


Oleh :
Ana Yunitasari - G 0007033 - Fak. Kedokteran

Pengaruh Pemberian Kortikosteroid Dosis Rendah terhadap Derajat Inflamasi Usus pada Sepsis Tahap Awal, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kortikosteroid dosis rendah terhadap derajat inflamasi usus pada sepsis tahap awal.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratorik dengan post test only control group design. Hewan uji yang digunakan adalah 27 ekor mencit Balb/C jantan yang dibagi dalam tiga kelompok, masing-masing 9 ekor. Kelompok K sebagai kontrol, K1 (kelompok sepsis) diberi material c.i. 6 mg/mencit/hari/i.p. dan K2 (kelompok sepsis + kortikosteroid dosis rendah) diberi material c.i. 6 mg/mencit/hari/i.p dan kortikosteroid dosis rendah 0,13 mg/mencit/hari/i.p. Pada hari ke-6 semua mencit dikorbankan, diambil ususnya, kemudian dibuat preparat histologis usus dengan pewarnaan Hematosiklin Eosin untuk menentukan derajat inflamasinya. Data  yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji Krusskal-Wallis dan dilanjutkan uji Mann-Whitney menggunakan program SPSS for Windows Release 16. Perbedaan dikatakan signifikan bila p<0>

Hasil Penelitian : Hasil penelitian didapatkan derajat inflamasi usus pada kelompok K yaitu grade 0 (66,7%), grade 1  (22,2%), dan grade 2 (11,1%). Kelompok K1 yaitu  grade 3 (55,6%) dan grade 4 (44,4%), sedangkan kelompok K2 yaitu grade 0 (33,3%), grade 1 (22,2%),   grade 2 (22,2%), dan grade 3 (22,2%). Terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok K dengan K1 (p=
0,000) dan antara kelompok K1 dengan K2 (p=0,001).

Simpulan Penelitian : Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kortikosteroid dosis rendah dapat menurunkan derajat inflamasi usus pada sepsis tahap awal.

 

Kata kunci : kortikosteroid, inflamasi usus, sepsis