Abstrak


Laporan Kuliah Kerja Media (Kkm) Peran Divisi Kreatif dalam Penyelenggaraan Event di Frontline Indonesia


Oleh :
Fajar Lambang Wicaksana - D1313043 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Pada awalnya iklan hanya bertujuan untuk memperkenalkan, suatu produk atau memberi informasi dan persuasive. Seiring perkembangannya iklan semakin disempurnakan dengan seni, kreatifitas, dan teknologi salah satu untuk mempromosikan   produk atau jasa yang langsung kemasyarakat adalah dengan Event Organizer.

Event Organizer merupakan salah satu cara yang efektif dalam mempromosikan produk atau jasa yang langsung mengena kepada khalayak. Dan salah satu perusahaan Event Organizer yang ada di Kota Solo yaitu Frontline Indonesia selain sebagai Brand Activation, Frontline Indonesia mempunyai Event Organizer dan sering mengadakan event-event. Frontline Indonesia memiliki beberapa divisi, dan salah satunya adalah divisi kreatif, yang menangani berbagai event yang ada di Frontline Indonesia. Penulis memilih devisi kreatift, dan fokus dalam menangani Event Launching Honda All New CBR 2016. Event ini mengambil   bertema   tentang   remaja   dan   orang   kantoran   pada   umumnya. Launching Honda All New CBR 2016 ini diikuti beberapa   perlombaan  yang sesuai tema selain itu juga menghadirkan beberapa kompetisi  dan gameshow. Dalam pelaksanaan KKM penulis mendapatkan banyak pengalaman yang tidak akan didapat dibangku perkuliahan karena penulis langsung ikut serta dalam menyelenggarakan event tersebut.

Dengan adanya event organizer, klien tidak perlu susah payah dalam mengadakan sebuah event. Semua keperluan dalam pengadaan sebuah event telah menjadi tugas dari event organizer. Mulai dari konsep event, peralatan yang diperlukan, rundown, sampai event selesai sudah menjadi tanggung jawab sebuah event  organizer.  Perencanaan  sebuah  event  yang  matang  akan  menghasilkan sebuah event yang berkualitas, juga dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang hadir,tetapi dari beberapa faktor, seperti keuntungan penjualan yang sesuai atau melampaui target,image para peserta juga terangkat ke permukaan,membantu menggairahkan industry dari peserta pameran dan sebagainya. Ilmu teori yang dipelajari dan praktekan di lapangan tidak jauh berbeda. Terdapat ilmu yang tidak dilakukan  di  dunia  perkuliahan.  Yaitu  seperti  bagaimana  cara  bekerja  sama dengan team, dan bagaimana mengatasi complain dari konsumen.