Abstrak


Penerapan Sistem Automasi dan Manual pada Layanan Sirkulasi di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo


Oleh :
Ivan Prasetyo Riaditama - D1813043 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Layanan sirkulasi merupakan garda paling depan dalam perpustakaan. Maka dari itu banyak perpustakaan sekarang sudah menerapkan sistem yang terintegrasi dengan komputer atau yang bisa disebut juga dengan sistem automasi dan meninggalkan sistem manual yang terkesan kuno dan tidak se-efisien sistem automasi. Tujuan penulisan  Tugas Akhir ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana alur sirkulasi (peminjaman, pengembalian dan perpanjangan) di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo. 2) Untuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan penggunakan sistem automasi dan manual secara bersamaan di sirkulasi Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami pustakawan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo dalam menjalankan dua sistem tersebut secara bersamaan.
Dalam Tugas Akhir ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan dua sistem automasi dan manual pada layanan sirkulasi di Kantor Perpustakaan., Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo berdampak baik bagi layanan tersebut. Sistem peminjaman, pengembalian dan perpanjangan tercatat secara sempurna serta tidak terhentinya layanan sirkulasi ketika software error atau pemadaman listrik menjadi salah satu kelebihan sistem ini.
Adapun saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan bahan pertimbangan antara lain, penempelan SOP di dinding layanan sirkulasi agar yang berjaga di layanan sirkulasi mengetahui cara melakukan transaksi dengan pemustaka, serta adanya pelatihan bagi pustakawan agar seluruh pustakawan di Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Sukoharjo bisa melakukan layanan sirkulasi dengan baik.


Kata Kunci : Layanan Sirkulasi, Sistem Automasi, Sistem Manual