Abstrak


Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Rakyat dengan Menerapkan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (C I R C ) pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Pontianak


Oleh :
Fitriani - S841108007 - Pascasarjana

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran apresiasi ceita rakyat dengan menerapkan metode CIRC; dan (2) meningkatkan kemampuan apresiasi cerita rakyat dengan menerapkan metode CIRC pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Potianak.
Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Potianak pada awal bulan Juli 2012 hingga November 2012. Pendekatan penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Potianak. Sumber data meliputi: peristiwa proses pembelajaran, informan, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 75%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode CIRC mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran mengapresiasi cerita rakyat ditandai meningkatnya (1) kegiatan dan partisipasi siswa, (2) suasana pembelajaran, dan (3) peran guru dalam pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan Metode CIRC dapat meningkatkan hasil pembelajaran apresiasi pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Potianak. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretes dan postes yang dilakukan selama tiga siklus. Pada uji pratindakan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM 7 siswa (20%), nilai rata-rata 65,30. Pada  siklus I siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 20 siswa (49%) terjadi kenaikan sebesar 29%, dengan nilai rata-rata 71,00. Pada siklus II siswa yang memperoleh nilai di atas KKM meningkat menjadi 22 siswa (65 %) terjadi kenaikan sebesar 16 ?ngan nilai rata-rata 75. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 27 siswa (77%)  dengan nilai rata-rata 77 Pada siklus III pencapaian ketuntasan klasikal sudah lebih dari 75 ?n ketuntasan kriteria minimal 70. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran mengapresiasi cerita rakyat dengan metode CIRC dapat meningkatkan kualitas proses  dan kemampuan mengapresiasi cerita rakyat.


Kata kunci: Kualitas Pembelajaran, Kemampuan Mengapresiasi Cerita Rakyat, Cooperative Integrated Reading and   Composition   (C I R C )