Abstrak


Pembentukan Verba Deadjektiva Dalam Media Cetak Kompas Berdasarkan Perspektif Derivasi Dan Infleksi


Oleh :
Anita Septiana Anggraini - C0211008 - Fak. Ilmu Budaya

Permasalahan dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana proses pembentukan  verba  deadjektiva  dalam  media  cetak  Kompas?  (ii)  bagaimana proses pembentukan derivasi dan infleksi kata dasar adjektiva dalam media cetak Kompas?
Tujuan  penelitian  ini  adalah  (i)  mendeskripsikan  proses  pembentukan verba deadjektiva dalam media cetak Kompas dan (ii) mendeskripsikan proses pembentukan  derivasi  dan  infleksi  kata  dasar  adjektiva  dalam  media  cetak Kompas.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Sumber data pada penelitian ini, yaitu koran Kompas halaman 1 sampai dengan 16. Data penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang di dalamnya mengandung kata yang telah mengalami  proses  afiksasi,  sehingga  menghasilkan  pembentukan  verba deadjektiva serta derivasi dan infleksi kata dasar adjektiva dalam media cetak Kompas.  Metode dan  teknik  pengumpulan  data menggunakan  teknik  pustaka, teknik simak dan catat. Metode dan teknik analisis data yang digunakan adalah metode distribusional dengan teknik urai unsur terkecil dan teknik oposisi dua- dua, serta metode agih dengan teknik ganti. Teknik penyajian data pada penelitian ini disajikan dalam bentuk teknik informal, yaitu berupa kata-kata yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini. Simpulan pada penelitian ini adalah (i) dari analisis yang dilakukan, terdapat empat jenis afiks yang menjadi pembentuk verba deadjektiva dalam media cetak Kompas, yakni prefiks (meN-, ter-, ber-, di-, dan se-), sufiks (-kan dan –i), konfiks (ber-/-an), serta imbuhan gabung (meN-/-kan, meN-/-i, di-/-kan, di-/-i, di-/per-, mem-/per-, mem-/per-/-i, mem-/per-/-kan, di-/per-/-i, ter-/-kan, ter-/-i, dan ber-/ke-/-an). (ii) pembentukan verba deadjektiva dengan melalui proses afiksasi dalam penelitian ini termasuk dalam bentukan derivasional atau pembentukan derivasi, karena terjadi perubahan kelas kata (adjektiva menjadi verba) dan perubahan makna, serta dalam penelitian ini  terdapat  satu  jenis  afiks  yang menjadi  pembentuk  adjektiva dan  termasuk dalam proses infleksi dalam media cetak Kompas, yakni prefiks (se- dan ter-).