Abstrak


Tindak Tutur Dan Strategi Kesantunan Pada Talk Show “Mata Dan Hati” di Trans Tv


Oleh :
Yulia Sari - C0213071 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian  ini membahas  mengenai  tindak  tutur dan strategi  kesantunan yang terdapat pada acara talk show “Mata dan Hati” di Trans Tv. Kajian tindak tutur  yang dibahas  didasarkan  pada teori dari Searle,  sedangkan  untuk strategi kesantunan  menggunakan  teori  Brown  dan  Levinson  sebagai  landasan  utama. Pada skripsi ini akan ditunjukkan  realisasi  tindak tutur dan strategi kesantunan berdasarkan  tuturan  orang-orang  yang  berkontribusi  pada  acaratalk  show“Mata dan Hati”tersebut, diantaranya: pembawa acara, multikonselor, bintang tamu, dan penelepon.

Penelitian ini tergolongpada penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian diperoleh dari situs youtube yang menampilkan acara talk show “Mata dan Hati” dan diunggah oleh stasiun televisi yang  bersangkutan.  Data  pada  penelitian  ini berupa  tuturan  yang  mengandung tindak tutur dan strategi  kesantunan  pada talk show “Mata dan Hati”.  Adapun metode  pengumpulan  data  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  metode unduh, simak, dan catat. Selanjutnya, metode analisis data yang digunakan penulis adalah metode kontekstual, cara-tujuan, dan metode heuristik. Proses pengolahan data dimulai  dari proses  simak,  catat,  klasifikasi  data, dan analisis  data secara spesifik dan eksplisit.

Berdasarkan analisis yang dilakukan pada data, ditemukan tiga jenis tindak tutur ilokusi digunakan  oleh penutur yang berkontribusi  dalamtalk  show “Mata dan Hati”. Ketiga jenis tindak tutur yang digunakan tersebut adalah tindak tutur yang disampaikan oleh Searle, yaitu tindak tutur asertif, tindak tutur direktif dan tindak tutur ekspresif. Rincian data tindak tutur tersebut adalah sebagai berikut: tindak tutur asertif meliputi tindak tutur menyatakan, membantah, memberi tahu, mengingatkan, menerka, dan mengaku. Tindak tutur direktif meliputitindak tutur memerintah,  melarang,  memberi  nasihat,  dan  berharap.Tindak  tutur ekspresifmeliputi   tindak   tutur   terima   kasih,   mengucapkan   maaf,      memuji, mengucap salam, menyambut, menyanggah dan mengeluh.
Pada rumusan masalah kedua yakni strategi kesantunan,  telah dilakukan analisis dan ditemukan penggunaan empat strategi kesantunan yakni strategi kesantunan bald on record(tanpa  basa-basi), strategi kesantunan positif, strategi kesantunan  negatif  dan  strategi  kesantunan  samar-samar.  Berdasarkan  analisis pada  keempat  strategi  kesantunan  di  atas,  ditemukan  substrategi  kesantunan meliputi   delapan   substrategi   kesantunan   positif,  dua  substrategi   kesantunan negatif dan enam substrategi kesantunan samar-samar