Abstrak


Evaluasi Pengolahan Air Limbah di IPAL Semanggi Surakarta


Oleh :
Solecha Pujiati - I8707057 - Fak. Teknik

Air kotor atau sering juga disebut air limbah atau air buangan adalah semua cairan yang dibuang, yang mengandung kotoran manusia, hewan, sisa tumbuh – tumbuhan,maupun yang mengandung sisa – sisa proses produksi. Untuk itu diperlukan pengolahan sebelum air limbah dibuang ke sungai. Hal ini dimaksudkan agar air limbah tidak mencemari lingkungan yang berdampak pada rusaknya ekosistem, terutama ekosistem air.  IPAL bertujuan mengolah air limbah sebelum dibuang ke sungai, oleh karena itu perlu di lakukan evaluasi IPAL yang mencakup hasil uji laboratorium, kelayakan bangunan IPAL.

Pengujian kualitas air yang diolah IPAL dilakukan secara fisika dan kimia,  serta data lainya diperoleh lewat interview, studi observasi dan studi pustaka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil evaluasi IPAL sehingga bisa memperbaiki kekurangan yang ada.

Hasil pengujian diperoleh parameter kualitas air limbah setelah diolah IPAL Semanggi adalah pH 7, suhu 290C, COD 84,21 mg/lt, BOD 6 mg/lt. Bangunan IPAL Semanggi  terdiri dari ruang kontrol pompa dan genset, bak screen, grit chamber, bak ekualisasi, bak aerasi dan bak sedimentasi.  Dari hasil pengujian sampel dan jenis-jenis bangunan yang digunakan untuk mengolah air limbah menunjukkan bahwa air limbah yang telah diolah IPAL Semanggi Surakarta memenuhi standar kualitas air baku sungai.

Kata Kunci ; air limbah, evaluasi IPAL