Abstrak


Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Smp Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik (Eksperimen Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri Kota Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017)


Oleh :
Henrykus Titis Sunarno - S811502003 - Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) perbedaan pengaruh antara penggunaan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh antara kecerdasan linguistik tinggi dan kecerdasan linguistik rendah terhadap prestasi belajar matematika, dan (3) interaksi pengaruh antara  penggunaan  model  pembelajaran  dan  kecerdasan  linguistik  terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri Kota Madiun.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain faktorial eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Kota Madiun. Pemilihan sampel ditentukan dengan cara mengambil tiga  sekolah  secara  acak.  Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan  teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan   angket.   Tes   digunakan   untuk   mengukur   prestasi   belajar   matematika, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kecerdasan linguistik. Kelompok eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI), sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan Problem Based Learning (PBL). Uji hipotesis menggunakan rancangan desain factorial 2x2 dengan teknik Analisis Varians Dua Jalan (Two Ways Anava) dengan sel tak sama.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diberi model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar matematika. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan prestasi  belajar matematika lebih  baik  dari  pada pembelajaran  kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL), (2) terdapat perbedaan pengaruh pada siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah terhadap prestasi belajar matematika. Siswa yang memliki kecerdasan linguistik tinggi prestasinya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kecerdasan linguistik rendah, dan (3) terdapat interaksi pengaruh dalam model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), Problem Based Learning (PBL), dan kecerdasan linguistik terhadap prestasi belajar matematika.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Problem Based Learning (PBL), Prestasi, Kecerdasan Linguistik