Abstrak


Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Minat dan Keterampilan Membuat Montase pada Anak Didik Kelompok A TK Negeri Pembina Karanganyar Semester I Tahun 2016 / 2017


Oleh :
Uswatun Chasanah - S811502010 - Pascasarjana

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) minat  belajar anak didik Kelompok A TK Negeri Pembina Karanganyar tahun 2016/2017 dengan menggunakan metode Gallery Walk, (2) keterampilan belajar montase anak didik kelompok A TK Negeri Pembina Tahun 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, dan merupakan rangkaian empat kegiatan yang  meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah anak didik Kelompok A TK Negeri Pembina Karanganyar Tahun 2016/2017. Obyek penelitian ini adalah proses belajar mengajar yang meliputi minat dan keterampilan membuat montase. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Gallery Walk yang dilaksanakan melalui tiga siklus dapat (1) meningkatkan minat anak dalam belajar membuat montase. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan terhadap minat anak yang meningkat dari kondisi pra siklus yang hanya 17 % untuk minat tinggi, menjadi 56% pada siklus I, 78 % pada siklus II dan 89% pada siklus III. (2) meningkatkan hasil belajar membuat montase terbukti dengan kondisi awal nilai mencapai KKM 22%, pada siklus I meningkat menjadi 56%, pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 72%, dan lebih meningkat lagi pada siklus III yakni 83%.

Kata kunci : Gallery Walk, minat, keterampilan montase