Abstrak


Pengembangan Aplikasi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Berbasis Microsoft Access Sebagai Sarana Pelayanan Business Center Bank Mini Barokah SMK Batik 2 Surakarta


Oleh :
Refiana Ruri Widyanita - K7413130 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan aplikasi penerimaan dan pengeluaran kas berbasis Microsoft Access sebagai sarana pelayanan Business Center Bank Mini Barokah SMK Batik 2 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang dimodifikasi. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu: ADD (Analysis, Design, Development). Tempat penelitian di Business Center Bank Mini Barokah SMK Batik 2 Surakarta dan waktu penelitian bulan September sampai Oktober 2017. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pedoman wawancara, angket yang terdiri dari angket validasi para ahli; angket validasi praktisi dan angket tanggapan petugas teller Bank Mini Barokah dan dokumentasi. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi dan peserta didik yang bertugas sebagai petugas teller yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan mean dan maximum.
Hasil penelitian menunjukkan Aplikasi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Microsoft Access sangat layak digunakan sebagai sarana pelayanan Business Center Bank Mini Barokah SMK Batik 2 Surakarta. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil validasi materi yang menunjukkan 82,5?ri kriterium yang ditetapkan (100%), hasil validasi media menunjukkan 76,5?ri kriterium yang ditetapkan (100%), hasil validasi praktisi menunjukkan 89,5?ri kriterium yang ditetapkan (100%). Hasil penelitian juga diperoleh tanggapan yang diberikan oleh petugas teller Bank Mini Barokah terkait aplikasi. Tanggapan petugas teller Bank Mini Barokah dilakukan pada uji coba perorangan dan uji coba lapangan. Hasil uji coba perorangan menunjukkan 81,6?ri kriterium yang ditetapkan (100%) dan hasil uji coba lapangan menunjukkan 88,9?ri kriterium yang ditetapkan (100%).
Kata kunci: Business Center, Manajemen Pelayanan, Teknologi Informasi