Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction) Dengan Media Kertas Lipat Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Mangli Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Annisa Zuraida Rahmah - K7115504 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model ARIAS dengan media kertas lipat dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model ARIAS dengan media kertas lipat dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Mangli yang berjumlah 25 siswa. Data pada penelitian ini ada dua macam, yaitu data kualitatif yaitu informasi yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model ARIAS dengan media kertas lipat dan data kuantitatif yaitu hasil evaluasi siswa pada pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) model ARIAS dengan media kertas lipat dengan langkah: (a) assurance, (b) relevance, (c) interest, (d) assessment, dan (e) satisfaction; (2) penerapan model ARIAS dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan dilihat dari kenaikan persentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I = 73,44%, pada siklus II = 79,69%, dan pada siklus III = 91,15%; (3) kendala dalam penelitian yaitu: (a) siswa kurang aktif, (b) siswa kurang memperhatikan, (c) siswa kurang menanggapi hasil diskusi, (d) penggunaan media kurang maksimal, dan (e) siswa kurang menyimpulkan materi. Solusi untuk mengatasi kendala yaitu: (a) membimbing dan mengkondisikan siswa, (b) komunikatif dalam menyampaikan materi, (c) memberikan kesempatan siswa menanggapi hasil diskusi, (d) memaksimalkan penggunaan media, dan (e) mengarahkan siswa untuk menyimpulkan materi.
Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Mangli tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: model ARIAS, kertas lipat, Matematika, soal cerita pecahan