Abstrak


Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Gaya Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Wero Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Maudhi Cinthia Larasati - K7115101 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya; (2) meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam peningkatan hasil belajar IPA tentang gaya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Wero tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Sumber data yang digunakan meliputi siswa dan guru. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar mata pelajaran IPA tentang gaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi teknik tes dan nontes. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dilakukan dengan langkah orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan; (2) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya pada siswa kelas V SD Negeri Wero yang diketahui dari ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 80,43%, pada siklus II sebesar 89,12%, dan pada siklus III sebesar 95,65%; (3) kendala yang muncul saat pembelajaran antara lain: (a) siswa belum dapat mengidentifikasi masalah; (b) siswa kebingungan saat membuat hipotesis; dan (c) guru tidak membimbing siswa untuk menanggapi hasil presentasi kelompok lain. Solusi dari kendala tersebut meliputi: (a) guru lebih memancing siswa untuk mengidentifikasi masalah; (b) guru hendaknya lebih memahami tentang hipotesis; dan (c) guru hendaknya membimbing kelompok yang tidak presentasi untuk menanggapi hasil presentasi kelompok lain.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang gaya di kelas V SD Negeri Wero tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, hasil belajar, IPA.