Abstrak


Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Seliling Tahun Ajaran 2018/2019


Oleh :
Wahyu Pramesti - K7115186 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan multimedia tentang persiapan kemerdekaan Indonesia melalui penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2018/2019, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif.Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru dan siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati multimedia, (b) menanya tentang materi dan multimedia, (c) mencoba berdasarkan multimedia, (d) menalar berdasarkan multimedia, dan (e) mengomunikasikan;(2) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS dengan peningkatan proses pembelajaran melalui hasil observasi pada siswa siklus I, II, III berturut-turut sebesar 68,3%, 80,1?n 89,6%. Sedangkan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase rata-rata ketuntasan siswa pada siklus I, II, dan III berturut-turut adalah 71,7%, 81,7%, dan 93,3%; (3) kendala yang dihadapi yaitu: (a) terjadi penguluran waktu, (b) siswa kurang aktif dalam kegiatan menanya, (c) siswa ramai ketika berkelompok, (d) kurang dilakukan kegiatan penyimpulan materi, (e) kurangnya penggunaan papan tulis, (f) siswa malu ketika mempresentasikan hasil diskusi, (g) kurangnya waktu diskusi, (h) kelompok belum aktif menanggapi, dan (i) kurangnya bimbingan saat diskusi terhadap siswa.. Sedangkan solusinya yaitu:  (a) pengecekan 10 menit sebelum pembelajaran, (b) memotivasi siswa dalam kegiatan menanya, (c) memusatkan perhatian siswa, (d) menjelaskan kembali langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia, (e) menggunakan powerpoint, (f) memberikan motivasi agar percaya diri, (g) membagi tugas dengan kelompok, (h) memberikan reward, (i) guru lebih membimbing siswa dalam berdiskusi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaaran IPS tentang persiapan  kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Seliling.

Kata Kunci: pendekatan saintifik, multimedia, pembelajaran IPS