Abstrak


Internal Relations Polda Lampung dengan Kegiatan Protokoler MC dan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Anggota


Oleh :
Devi Ratnawati - D1614020 - Fak. ISIP

Abstrak

Penulis memilih untuk melaksanakan KKM ( Kuliah Kerja Media ) di Polda Lampung untuk memperdalam ilmu serta menyalurkan ilmu yang dipelajari penulis selama di bangku kuliah. Penulis ingin banyak   mengetahui peran atau tugas seorang humas dikarenakan humas merupakan ujung tombak keberhasilan sebuah perusahaan atau instansi, selain itu penulis ingin lebih dalam mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh humas kepolisian.

Penulis melaksanakan KKM ( Kuliah Kerja Media ) selama 2 bulan 1 minggu, yang dimulai pada tanggal 23 Februari 2017 sampai tanggal 30 April 2017. Selama melaksanakan KKM penulis melaksanakan beberapa kegiatan, yaitu kegiatan rutin dan kegiatan khusus, diantranya adalah monitoring media cetak, mengikuti kegiatan luar ruangan, seperti kuliah umum dan kegiatan protokoler MC dan public speaking, ikut membantu dalam persiapan kunjungan kerja KAPOLRI,  membantu  menulis,  mengklasifikasi  dan  mendistribusikan  surat masuk, surat keluar dan surat disposisi Bidang Humas, serta beberapa kegiatan humas rutin lainnya.

Kegiatan yang ada di Polda Lampung tidak lepas dari peran humas di dalamnya, baik dari Kegiatan yang berhubungan dengan pihak internal maupun eksternal serta media massa. Dalam tugas akhir, penulis fokus kepada kegiatan internal instansi yang berkaitan dengan hubungan internal Polda Lampung melalui kegiatan peningkatan kemampuan protokler MC dan public speaking yang ditujukan untuk Polwan Polda Lampung.

Kata Kunci : hubungan masyarakat,humas pemerintahan,internal relations