Abstrak


Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Keaktifan Siswa Mengikuti Ekstrakurikuler Pramuka Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun 2016 / 2017


Oleh :
Rio Teddy Permana - K3110059 - Fak. KIP

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang aktif dalam ekstrakuriuler Pramuka Dewan Ambalan dengan yang tidak aktif. Penelitian ini merupakan penelitian deskripti kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti Pramuka Dewan Ambalan SMA Negeri 1 Sukoharjo sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket keaktifan siswa yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini yang bersifat empirik dianalisis secara statistik dengan uji t test melalui aplikasi SPSS Statsitics 21.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa p value (sig) 0.867 > 0.05 dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang aktif mengikuti ekstrakurikuler Pramuka Dewan Ambalan dengan yang tidak aktif. Karena siswa yang aktif dalamkegiatan pramuka mampu membagi waktu dengan baik antara belajar dan berorganisasi.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Keaktifan Siswa, Pramuka Dewan Ambalan