Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take And Give untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Exma Kin Nastain - K8413028 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Subyek pada penelitian tindakan kelas adalah seluruh peserta didik kelas XI IIS 4 SMAN 2 Surakarta yaitu sebanyak 29 peserta didik. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta, yang diawali dari tahap Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Pada tahap pra tindakan diperoleh hasil belajar peserta didik dengan rata-rata nilai 67,93. Kemudian pada siklus I rata-rata perolehan nilai hasil belajar peserta didik 74,48 dan Pada siklus II rata rata perolehan  nilai hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 82,20. Simpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan model pembelajran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 4 SMA Negeri 2 Surakarta.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Take and Give, Hasil Belajar