Abstrak


Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5e) Didukung dengan Catatan Terbimbing (Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA N Karangpandan Tahun Pelajaran 2016/2017)


Oleh :
Wahidah Estiningrum - K3313072 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning  Cycle 5E) didukung dengan  catatan  terbimbing pada  materi  pokok Larutan Penyangga.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA N Karangpandan tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran Siklus Belajar 5E (Learning Cycle 5E) didukung dengan catatan terbimbing. Persentase ketercapaian kemampuan berpikir kritis tinggi pada pra-siklus adalah 20,00%, pada siklus I sebesar 65,00%, pada siklus II meningkat menjadi 72,50%. Persentase ketuntasan siswa untuk aspek kognitif pada siklus I adalah 57,50%, kemudian meningkat menjadi 77,50% pada siklus II. Ketuntasan aspek sikap pada siklus I sebesar 87,50% meningkat menjadi 95,00% pada siklus II.

Kata Kunci : siklus belajar 5E, catatan terbimbing, kemampuan berpikir kritis, prestasi belajar, larutan penyangga