Abstrak


Efektivitas Media Realia Dan Blok Pecahan Terhadap Kemampuan Berhitung Materi Pecahan (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas IV Se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018)


Oleh :
Dita Fauziyah Trisnawati - K7114038 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media realia dan blok pecahan terhadap kemampuan berhitung materi pecahan. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Gugus R.A. Kartini Teras Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling, sampel yang terpilih adalah SD Negeri Banjarsari, SD Negeri 1 Teras, SD Negeri Barengan dan SD Negeri 2 Teras. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain Randomized control-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%.
Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas penggunaan media blok pecahan dan media realia dengan perbandingan rata-rata 76,125; 72 dan dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh –ttabel < thitung>Kata kunci : media realia, blok pecahan, kemampuan berhitung materi pecahan.