Abstrak


Pengaruh Kualitas Website Terhadap Citra Destinasi (Pengaruh Kualitas Website Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Solo Terhadap Citra Kota Solo Sebagai Destinasi Wisata)


Oleh :
Rizky Ghaisani - D1216056 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Tahun 2018, Pemerintah Kota Solo meluncurkan Gerakan Mempromosikan Pariwisata Surakarta (Gempita). Program ini merupakan suatu gerakan untuk menggencarkan promosi Kota Solo menjadi daerah tujuan wisata. Banyak cara dilakukan dalam memasarkan destinasi pariwisata kota, salah satunya melalui website. Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Solo selaku organisasi pemerintahan yang memiliki wewenang dalam mengelola pariwisata, memiliki website yaitu pariwisatasolo.surakarta.go.id. Namun dalam pengembangannya, website ini sering berganti-ganti alamat url dan berubah-ubah tampilan. Menariknya, website pariwisatasolo.surakarta.go.id justru mendapatkan penghargaan sebagai The Best Tourism Website dalam ajang Indonesia PR Program & PR People of The Year 2017 kategori Own Media Sub Category Tourism Website yang diadakan oleh Majalah MIX-Marketing Communication.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh kualitas website Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Solo terhadap citra destinasi pariwisata Kota Solo. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 90 responden, yang merupakan anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Solo. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah kuesioner dan menggunakan SPSS versi 25 for Windows. Menggunakan teori Stimulus-Organism-Response (S-O-R) yang menjelaskan proses komunikasi yang dimulai dari stimulus berupa pesan yang diterima komunikan. Stimulus atau pesan yang disampaikan kepada komunikan dapat diterima atau ditolak. Komunikasi akan berlangsung jika ada perhatian dari komunikan.  
Setelah dilakukan uji regresi linier sederhana, hasil penelitian ini menemukan bahwa uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai thitung 6.349 > dari ttabel 0.207, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh kualitas website Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Solo terhadap citra Kota Solo sebagai destinasi wisata. Dengan hasil koefisien determinasi R  Square  sebesar 31.4%, ini berarti variabel pengaruh kulitas website adalah kontribusi dari variabel citra destinasi pariwisata Kota Solo. Sedangkan sisanya sebesar 68.6?pat dijelaskan oleh faktor-faktor stimulus yang lain.
Kata Kunci: Citra Destinasi, Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Solo, Kualitas Website