Abstrak


Perbedaan Kejadian Depresi Pada Pasien Osteoarthritis Genu Unilateral Dan Bilateral Di Klinik Amanah Medika Karanganyar


Oleh :
Zaka Jauhar Firdaus - G0013245 - Fak. Kedokteran

ABSTRAK
Latar Belakang: Penuaan merupakan masa yang tidak bisa dihindari dimana terjadi banyak perubahan secara fisik maupun mental. Perubahan-perubahan itu dapat menyebabkan lansia menjadi rentan terhadap penyakit terutama penyakit terkait usia. Osteoarthritis merupakan penyebab disabilitas utama yang dapat menyebabkan gangguan mental seperti depresi. Penelitian-penelitian terdahulu yang meneliti osteoarthritis dan depresi memiliki beberapa keterbatasan. Salah satunya adalah ketidakcukupan data tentang analisis jumlah sendi yang terkena osteoarthritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi perbedaan kejadian depresi antara osteoarthritis lutut unilateral dan bilateral.
Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan Oktober – November 2016 di Klinik Amanah Medika Karanganyar. Pengambilan sampel dilaksanakan secara consecutive sampling dan mendapatkan sampel sejumlah 76 orang yang terbagi dalam dua kelompok yaitu 38 pasien osteoarthritis genu bilateral dan 38 pasien osteoarthritis genu unilateral. Para responden mengisi lembar identitas dan informed consent, dilanjutkan dengan pengisian GDS untuk menilai depresi. Data selanjutnya dianalisis menggunakan SPSS 22.0 for Windows.
Hasil: Dari hasil penelitian ini didapatkan 29 dari 38 pasien osteoarthritis genu bilateral menderita depresi (76,3%), sedangkan pada pasien osteoarthritis genu unilateral, didapatkan 9 pasien menderita depresi dari 38 orang (23,7%). Hasil uji chi square menunjukkan p = 0,001 dengan OR = 4,941

Simpulan: Terdapat perbedaan bermakna pada kejadian depresi antara pasien osteoarthritis genu bilateral dan unilateral. Depresi lebih banyak terjadi pada pasien osteorthritis genu bilateral daripada pasien osteoarthritis genu unilateral. 
Kata kunci : Osteoarthritis, depresi