Abstrak


Pemahaman Konsep Pengoperasian Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together ( Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Luth Prasandi E.w - K7113132 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan  Penelitian  ini  untuk  meningkatkan  pemahaman  konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem 1. Laweyan, Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, berlangsung selama 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan serta setiap siklus teridiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelakasanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 40 peserta didik. Sumber data yang digunakan adalah informasi dari narasumber yaitu guru, peserta didik dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawncara, tes dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan validitas isi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analsisi interaktif
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disumpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem 1 Laweyan Surakarta  tahun ajaran 2016/2017.  Nilai rata-rata hasil tes prasiklus yaitu 56,3 dengan ketuntasan klasikal 22,5%. Pada siklus I nilai rata- rata kelas meningkat mencapai 68,6 dengan ketuntasan klasikal menjadi 55%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat mencapai 74,9 dengan ketuntasan klasikan menjadi 85% .

Kata  Kunci:  Pemahaman  Konsep,  penjumlahan  dan  pengurangan,  Numbered Head Together