Abstrak


Keterkaitan antara Stres, Lmx, dan Pos pada Kinerja dengan Komitmen Afektif sebagai Mediator (Studi pada Karyawan PT Sinar Agung Prasadikindo)


Oleh :
Ari Karimma Respati - F1215009 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menguji Keterkaitan antara stres, leader member exchange, dan perceived organizational support pada kinerja dengan komitmen afektif sebagai mediator. Studi dalam penelitian ini dilakukan di PT. Sinar Agung Prasadikindo (SAP) yang berada di Karanganyar.
Variabel penelitian ini meliputi variabel independen stres,  leader member exchange, dan perceived organizational support, sedangkan untuk variabel dependen menggunakan variabel kinerja, dan untuk variabel mediasi menggunakan variabel komitmen afektif. Penelitian ini menggunakan data kualitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 200 karyawan PT. Sinar Agung Prasadikndo. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan SEM AMOS untuk pengujian validitas, reliabilitas, dan hipotesisnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stres berpengaruh negatif pada komitmen afektif, leader member exchange berpengaruh positif pada komitmen afektif, perceived organizational support berpengaruh positif pada komitmen afektif, komitmen afektif berpengaruh positif pada kinerja, dan komitemen afektif memediasi pengaruh stres, leader member exchange, dan perceived organizational support pada kinerja.


Kata Kunci: stres, leader member exchange, perceived organizational support, komitmen afektif, kinerja