Abstrak


Pengaruh Cognitive Dissonance Dan Change Experienceterhadap Switching Behaviordengan Trust, Dan Switching Cost Sebagai Variabel Tambahan (Studi Kasus Pada Pemainvideogames Fifa Dan Pro Evolution Soccer)


Oleh :
Andreas Ferry Mahendra Putra - F1217006 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk menguji pengaruh Cognitive Dissonance, Change Experience, Trustdan Switching Cost terhadapSwitching Behavior. Dalam penelitian ini Cognitive Dissonance mencakup Daya Tarik Alternatif, Kualitas layanan, Kepuasan, serta Niat beralih. Penelitian ini dilakukan pada para pemain permainan video Pro Evolution Soccer serta FIFA. Penelitian ini mengambil sampel sejumlah 300 orang yang diambil dengan metode Non Probalitity Sampling dan Teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sedangkan untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan pada penelitian ini menggunakan persamaan struktural (SEM) dengan aplikasi Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat beralih, daya tarik alternatif memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kualitas layanan, niat beralih memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku beralih, kepercayaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan dan biaya beralih memiliki pengaruh positif signifikan terhadap perilaku beralih. Namun, variabel kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan serta variabel Change experience tidak berpengaruh terhadap Daya tarik alternatif, niat beralih, dan perilaku beralih.
Kata kunci: Daya tarik alternatif, Change experience, kualitas layanan, kepuasan, kepercayaan, Switching cost, Switching intention, Switching behavior