;

Abstrak


Determinan Minat Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)


Oleh :
Eka Setyorini - S431508013 - Sekolah Pascasarjana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di Kabupaten Ponorogo. Model penelitian ini diadopsi dari TAM (Technology Acceptance Model) dengan menambahkan beberapa konstruk yakni, kualitas sumber daya manusia, faktor sosial dan dari model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean berupa kualitas informasi dan kualitas sistem.
Responden dalam penelitian ini adalah seluruh operator SISKEUDES di Kabupaten Ponorogo. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus (total sampling) yang menghasilkan 212 responden. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.2.6.
Hasilnya menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia dan faktor sosial berpengaruh terhadap minat menggunakan SISKEUDES. Selain itu, kualitas sumber daya manusia mempengaruhi minat menggunakan SISKEUDES melalui variabel mediasi kualitas sistem, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Namun demikian kualitas informasi tidak dapat memediasi hubungan antara kualitas sumber daya manusia terhadap minat menggunakan SISKEUDES.

Kata Kunci : Sistem keuangan desa, kualitas sumber daya manusia, minat menggunakan sistem