Abstrak


Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kebebasan Berorganisasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017)


Oleh :
Anggita Diah Yaniarti - K7113018 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   meningkatkan   pemahaman   konsep kebebasan berorganisasi  dengan menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match pada siswa kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan,  yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah  guru  dan  siswa  V  SDN  04  Popongan  Karanganyar Tahun  Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, ketuntasan siswa pratindakan sebesar 31,43%. Setelah menggunakan metode pembelajaran aktif tipe index card match pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 68,57?n pada siklus II meningkat menjadi 82,86%. Selain peningkatan tersebut, aktivitas siswapun juga meningkat, peningkatan aktivitas siswa tersebut dapat dilihat pada aktivitas siswa yang menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat dalam pembelajaran. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran aktif tipe index card match dapat meningkatkan pemahaman konsep kebebasan berorganisasi siswa kelas V SDN 04 Popongan Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Pemahaman konsep kebebasan berorganisasi, metode pembelajaran aktif, index card match