Abstrak


Penerapan Metode Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perjuangan Melawan Penjajahan Jepang (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Jati Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017)


Oleh :
Khoirul Nisa - K7113121 - Fak. KIP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Jepang dengan menerapkan metode Crossword Puzzle pada siswa kelas V SD Negeri 03 Jati Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.  Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas V SD Negeri 03 Jati Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles&Huberman) yang terdiri dari tiga komponen   yaitu   reduksi   data,   penyajian   data   dan   penarikan   kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Jepang pada kondisi awal adalah  46,47 dengan presentase ketuntasan klasikal sebesar 17,64%.  Pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 67,56 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 61,76%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 81,50 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 85,29%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Jepang siswa kelas V SD Negeri 03 Jati Kabupaten Karanganyar.

Kata Kunci : crossword puzzle, pemahaman konsep, penjajahan Jepang