Abstrak


Hubungan Kerja Patron Klien Antara Pengusaha Dengan Pekerja dalam Sentra Industri Pembuatan Brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun


Oleh :
Dyah Ayu Intan Kusumaningrum - D0313021 - Fak. ISIP

Abstrak

Hubungan kerja merupakan hubungan yang terjadi antar pengusaha dan pekerja setelah diadakan perjanjian sebelumnya oleh pihak yang bersangkutan. Hubungan kerja patron klien merupakan hubungan pertukaran hubungan antara kedua peran yang dapat dinyatakan sebagai kasus khusus dari ikatan yang melibatkan persahabatan instrumental dimana seorang individu dengan status sosio-ekonominya yang lebih tinggi (patron) menggunakan pengaruh dan sumber dayanya untuk menyediakan perlindungan, serta keuntungan-keuntungan bagi seseorang dengan status yang dianggapnya lebih rendah (klien). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kerja yang terjadi antara pengusaha dan pekerja dalam sentra industri pembuatan brem di Desa Kaliabu, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun dan mengetahui faktor apa sajakah yang menyebabkan pekerja dapat bertahan dalam menjalin hubungan kerja patron klien dengan pengusaha.
Penelitian  ini  menggunakan  teori  pertukaran  sosial  oleh  George  C. Homans. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data diambil melalui beberapa teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik purposive sampling untuk mendapatkan informan. Informan pada penelitian ini   adalah pengusaha brem yang sudah memiliki ijin usaha, pekerja, dan Kepala Desa. Validitas data menggunakan metode trianggulasi data. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  adanya  suatu  hubungan  kerja  patron klien antara pengusaha dan pekerja yang menempatkan posisi pengusaha sebagai patron dan pekerja sebagai klien karena adanya perbedaan status sosial ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat dan terjadi suatu hubungan timbal balik antara pengusaha dengan pekerja. Pengusaha dan pekerja melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing. Dalam perkembangannya, hubungan klien terhadap patron mampu bertahan sampai saat ini. Keberlangsungan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor antara lain keterbatasan pekerjaan alternatif yang disebabkan karena rendahnya pendidikan yang dienyam oleh pekerja sehingga persaingan di lapangan  sangat  ketat,  adanya  faktor  balas  budi,  dan  rendahnya  mobilitas masyarakat Desa Kaliabu.

Kata Kunci : Hubungan Kerja, Patron Klien, Industri, Pengusaha, Pekerja