Abstrak


Penerapan Metode Inkuiri dengan Focus Group Discussion (FGD) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri Gondangrejo Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Shafira Rizqi Aulia - K8413066 - Fak. ISIP

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan metode inkuiri dengan focus group discussion.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam (2) siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X IIS 1 SMA N GONDANGREJO KARANGANYAR Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode inkuiri dengan focus group discussion dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran sosiologi siswa kelas X IIS 1 mulai dari tes pra tindakan, siklus I dan siklus II yaitu pada pra tindakan rata-rata prestasi belajar siswa 70,25 naik menjadi 78,75 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali sebesar 86,67 pada siklus II.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Metode Inkuiri, Focus Goup Discussion, Prestasi Belajar