Abstrak


Layanan perpustakaan keliling di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan daerah Karanganyar


Oleh :
Bondan Ariyanto - D1816024 - Fak. ISIP

ABSTRAK

Alasan dan Tujuan Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) merupakan salah satu syarat bagi mahasiswa diploma untuk mencapai gelar Ahli Madya di Universitas Sebelas Maret Surakarta dan Untuk mengetahui sarana dan prasarana yang ada pada layanan perpustakaan keliling di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar.
Perpustakaan keliling merupakan perpustakaan yang berpindah-pindah dari satu tempat ketempat yang lainnya dengan maksud untuk mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat dengan cara mendatangi penggunanya di tempat pemukiman penduduk, sekolah serta kantor kelurahan. Dalam memberikan pelayanan, perpustakaan keliling menggunakan kendaraan baik itu kendaraan beroda dua maupun beroda empat, baik itu di darat dan di air. Menurut (Ali : 2006) “Perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak (mobile library) dengan membawa bahan pustaka seperti buku, majalah, koran dan bahan pustaka lainnya untuk melayani masyarakat dari suatu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh layanan perpustakaan umum Kota madya yang menetap”
Hasil Pelaksanaan Magang adalah Layanan Perpustakaan Keliling bertugas mengunjungi sekolah-sekolah dengan menggunakan mobil yang telah di sediakan oleh bagian operasional perpustakaan. Dalam melakukan kunjungan ke sekolah - sekolah, layanan perpustakaan keliling mengunjungi 3 sekolah dasar yang tersebar di 17 kecamatan dalam setiap harinya. Jadwal yang diberikan untuk layanan perpustakaan keliling yaitu empat kali dalam satu minggu. Dalam satu minggu dari hari senin sampai hari kamis. Pada minggu pertama petugas mengenalkan koleksi buku baru kepada siswa disetiap kelas yang berguna untuk meningkatkan minat baca siswa. Kemudian pada minggu kedua petugas melayani peminjaman buku kepada siswa. Minggu ketiga petugas melakukan penarikan buku yang telah dipinjamkan kepada siswa di sekolah-sekolah yang nantinya buku tersebut akan dipinjamkan kembali kesekolah lainnya.
Kesimpulan dari hasil pelaksanaan magang yaitu Kegiatan Layanan Perpustakaan Keliling yang ada di Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar selama ini sudah baik dari segi pelayanan kepada masyarakat, sekolah-sekolah dasar yang berada di daerah terpencil bisa terkunjungi supaya bisa memperoleh sumber ilmu wawasan yang luas. Akan tetapi terdapat beberapa kendala dalam pelayanan perpustakaan keliling yaitu minimnya armada mobil,buku rusak dan medan lokasi yang sulit di lalui.