Abstrak


Pengaruh pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya (peer group) terhadap kedisiplinan siswa kelas XI program keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2018/2019


Oleh :
Rizky Ashari - K7515043 - Fak. KIP

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa; (2) ada tidaknya pengaruh pergaulan teman sebaya (peer group) terhadap kedisiplinan siswa; dan (3) ada tidaknya pengaruh pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya (peer group) secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket untuk ketiga variabel. Sementara untuk analisis dokumen digunakan untuk melengkapi data kedisiplinan siswa yang berupa daftar hadir siswa selama satu semester. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang dipilih sebanyak 54 siswa menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linier ganda. Sedangkan untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, multikolonieritas dan heteroskedastisitas dengan taraf signifikasi 0,05.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) ada pengaruh positif yang signifikan pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran; (2) ada pengaruh positif yang signifikan pergaulan teman sebaya (peer group) terhadap kedisiplinan siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran; (3) ada pengaruh positif yang signifikan pola asuh orang tua dan pergaulan teman sebaya (peer group) secara bersama-sama terhadap kedisiplinan siswa kelas XI Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.
Kata kunci : pola asuh orang tua, pergaulan teman sebaya, kedisiplinan siswa