Abstrak


Pengaruh Developmental Feedback pada Kinerja Karyawan: Peran Mediasi Motivasi Intrinsik (Studi pada Karyawan Bank CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta)


Oleh :
Djorgy Mahaztra Justitia - F0213034 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hubungan antara developmental feedback dengan kinerja karyawan pada karyawan CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta; 2) Mengetahui hubungan antara developmental feedback dengan motivasi intrinsik karyawan pada karyawan CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta; 3) Mengetahui hubungan antara motivasi intrinsik karyawan dengan kinerja karyawan pada karyawan CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta; 4) Mengetahui peran mediasi motivasi intrinsik karyawan terhadap hubungan antara developmental feedback dengan kinerja karyawan pada karyawan CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan teknik sampling simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Data terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasi penelitian ini adalah 160 karyawan bank CIMB NIAGA Cabang Sudirman di Yogyakarta dengan responden sebanyak 127 karyawan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis causal step Baron dan Kenny (1986) menggunakan alat  bantu aplikasi SPSS 23.0.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Variabel developmental feedback memiliki pengaruh positif dan signifikan pada variabel kinerja; 2) Variabel developmental feedback memiliki pengaruh positif dan signifikan pada variabel motivasi intrinsik; 3) Variabel motivasi intrinsik memiliki pengaruh positif dan signifikan pada variabel kinerja; 4) Variabel motivasi intrinsik memediasi hubungan variabel developmental feedback pada variabel kinerja secara parsial. 

Kata Kunci: kinerja karyawan, developmental feedback, motivasi intrinsic