Abstrak


Aplikasi E-Form pada Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi


Oleh :
Destia Tri Haryanti - F3614033 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk memperoleh gambaran lebih mendalam dan pemahaman mengenai aplikasi e-form pada nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi. Transakasi yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi e-form antara lain : pembukaan rekening, transaksi setor tunai, transaksi penarikan, dan transakasi transfer antarbank. Serta untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap aplikasi e-form.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan pihak PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi dalam hal ini bagian operasional dan front liner, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber lainnya.
Hasil penelitian dapat disimpulkan antara lain : terdapat tiga ketentuan dalam menggunakan apliaksi e-form, pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam penggunaan apliaksi e-form antara lain: pimpinan cabang, assisten manajer operasional, supervisor layanan operasional, supervisor pelayanan kas, teller, dan customer service. Setiap transaksi yang dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-form memiliki alur yang berbeda-beda. Serta sebagian besar nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi menyatakan bahwa mereka sangat puas menggunakan e-form dalam bertransaksi.
Saran yang dapat diajukan adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Solo Slamet Riyadi agar selalu mengikuti perkembangan teknologi supaya dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada nasabah dan tidak kalah bersaing dengan perbankan lainnya.

Kata kunci: Aplikasi e-form.