Abstrak


Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Pada Penggunaan Model Pembelajaran Quiz Team Dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Imersi Di Sma Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015


Oleh :
Reza Ruth Damayanti - K7411126 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah  (1)untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran quiz team dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IMERSI dalam mengikuti mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Karanganyar.  ( 2)  Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas XI IMERSI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Karanganyar.  (3)  Untuk mengetahui interaksi antara motivasi belajar siswa dengan penggunaan model pembelajaran quiz team dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IMERSI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Karanganyar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen quasi dengan desain penelitian menggunakan faktorial 2 x 2. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XI IMERSI I dan XI IMERSI II SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi, tes prestasi belajar, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar ekonomi pada materi pasar modal dalam perekonomian berupa tes essay. Analisis instrumen tes  menggunakan uji validitas dengan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas tes menggunakan uji KR 21. Instrumen angket digunakan untuk  mengukur motivasi belajar siswa. Analisis instrumen angket menggunakan uji validitas dengan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas angket menggunakan  Cronbach Alpha.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebelum data dianalisis dengan uji anova, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Saphiro-Wilk dan uji homogenitas dengan menggunakan Levene Statistic. 
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah  ( 1)  terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model pembelajaran quiz team dan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IMERSI SMA Negeri 2  Karanganyar.  ( 2) Terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi kelas XI IMERSI SMA Negeri 2 Karanganyar.  (3)Terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran quiz team dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IMERSI SMA Negeri 2 Karanganyar.
Kata kunci: Quiz Team, Konvensional, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar