Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Dengan Pendekatan Saintifik (Scientificapproach) Pada Mata Pelajaran Negosiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 3 Di Smk Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/1015


Oleh :
Sigit Wahyudi - K7411150 - Fak. KIP

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkatkan hasil belajar negosiasi pada siswa kelas X Pemasaran 3 di SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan pendekatan saintifik (scientific approach ) 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Sumber data berasal dari siswa, guru, data dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan pendekatan saintifik  (scientific approach) dapat meningkatkan hasil belajar negosiasi. Peningkatan terjadi pada siklus I, walaupun belum optimal. pelaksanaan siklus II menyebabkan hasil belajar siswa mencapai kualifikasi sangat tinggi.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share dengan pendekatan saintifik  (scientific approach) dapat meningkatkan hasil belajar negosiasi pada siswa kelas X Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo.
Kata kunci: think pair share, Pendekatan Saintifik, hasil belajar