Abstrak


Peningkatan perhatian dan hasil belajar pada materi trigonometri melalui penerapan pendekatan somatic, auditory, visualization, intellectually (SAVI) pada siswa kelas X IPS 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019


Oleh :
Ashri Nur Istiqomah - K1315006 - Fak. KIP

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan pembelajaran SAVI yang dapat meningkatkan perhatian siswa dan mengetahui apakah pendekatan pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi trigonometri.
Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas X IPS 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019. Data dan metode mengumpulkan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data perhatian dengan metode angket, data hasil belajar dengan metode tes, dan data keterlaksanaan pembelajaran dengan metode observasi Indikator keberhasilan penelitian ini minimal persentase siswa dengan perhatian tinggi mencapai 70?n untuk hasil belajar 60% siswa berada pada level 4 mathematics performance. Penelitian berlangsung selama dua siklus.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, langkah pendekatan pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) yang dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa adalah: 1) pendahuluan (tahap persiapan): guru menyampaikan tujuan pembelajaran, apersepsi, dan motivasi. 2) kegiatan inti (tahap penyampaian dan pelatihan): guru menjelaskan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan, menjelaskan sekilas materi yang dipelajari, membagi siswa 4-5 orang untuk berdiskusi mengerjakan LK, guru memantau dan membimbing siswa dalam penyelesaian soal, memberi kesempatan pada beberapa kelompok untuk presentasi, kemudian guru mengadakan permainan yang melibatkan alat indera siswa sebagai pelatihan atas materi yang disampaikan. 3) penutup (tahap penampilan hasil) guru memberi kesimpulan dari pembelajaran bersama sama dengan siswa dan meminta siswa untuk mempelajari kembali pembelajaran hari itu serta materi pada pembelajaran yang akan datang. Kedua, data hasil perhatian siswa menunjukkan persentase siswa dengan perhatian tinggi mengalami peningkatan, yaitu: 3 siswa (12%) pada prasiklus, menjadi 15 siswa (60%) pada siklus I, dan menjadi 22 siswa (88%) pada siklus II. Ketiga, data hasil belajar siswa yang dikategorikan dalam lima level menunjukkan persentase siswa di level 4 mengalami peningkatan, yaitu: 1 siswa (4%) pada prasiklus, menjadi 6 siswa (24%) pada siklus I, dan menjadi 16 siswa (64%) pada siklus II Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan perhatian dan hasil belajar siswa kelas X IPS 1 SMA Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: hasil belajar, pendekatan SAVI, perhatian siswa