Abstrak


Pengaruh Strategi Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Melenting Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017


Oleh :
Wachidah Aprilia Nurrohmah - K4613144 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar lompat jauh gaya melenting pada PESERTA DIDIK kelas viii Smp Negeri 1 Kebakkramat karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi (pek). penelitian ini menggunakan Desain Pretest-postest Non Equivalent Control Group. Subjek  penelitian ini adalah kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 1 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 64. Kelas VIII E terdiri dari 32 peserta didik dengan menggunakan strategi konvensional (Direct Instruction), sedangkan kelas VIII F terdiri dari 32 peserta didik dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data tes, pengukuran  dan lembar observasi atau lembar pengamatan .

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini, Ada perbedaan pengaruh hasil hasil belajar lompat jauh gaya melenting dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional direct instructio pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kebakkramat Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Pada analisis deskriptif dari rata-rata total mean hasil lompat jauh gaya melenting menggunakan strategi Contextual Teaching and learning (CTL) pretest 17,47 menjadi 27,84 pada nilai postest sedangkan dengan pembelajaran konvensional adalah dari pretest 16,94 dan meningkat menjadi 25,69 pada nilai posttest. Pada analisis inferensial, disimpulkan bahwa, peserta didik yang belajar dengan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL), maka hasil belajarnya lebih baik 2.156 (tanpa kovariat) dan 1.768 (dengan kovariat).