;

Abstrak


Kapasitas Fiskal, Restrukturisasi Pinjaman dan Rasio Pembayaran Pinjaman Pemerintah Daerah


Oleh :
Thedy Dwi Prasetyo - S431508034 - Fak. Ekonomi dan Bisnis

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh faktor-faktor kapasitas fiskal yang berupa pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, lain-lain pendapatan daerah yang sah, belanja pegawai dan kemiskinan dan restrukturisasi pinjaman terhadap rasio pembayaran pinjaman pemerintah daerah. Penelitan ini dilatarbelakangi masih banyak pemerintah daerah yang memiliki kesulitan dalam pembayaran pinjaman meskipun telah dilakukan restrukturisasi pinjaman dan peningkatan dana transfer.
Teknik analisis dengan regresi berganda menggunakan Panel Least Square (Fixed Effect) data panel dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2015. Data panel terdiri dari 45 Kabupaten/Kota yang memiliki pinjaman dalam restrukturisasi.
Hasilnya menunjukkan bahwa secara simultan kapasitas fiskal dan restrukturisasi pinjaman berpengaruh signifikan terhadap rasio pembayaran pinjaman pemerintah daerah. Secara parsial menunjukkan bahwa pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum berpengaruh signifikan terhadap pembayaran pinjaman sedangkan dana bagi hasil, lain-lain pendapatan daerah yang sah, belanja pegawai dan kemiskinan dan restrukturisasi pinjaman tidak berpengaruh terhadap rasio pembayaran pinjaman. Dari hasil penelitian Nilai determinan R2 = 0,65 menunjukkan bahwa hubungan variabel dependen dan independen dalam penelitian ini hanya dapat menjelaskan sebesar 65% sedangkan sisanya sebesar 35% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Penelitian ini mempunyai keterbatasan dalam hal sampel, dampak dan variabel ekonomi maupun faktor politik. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan kepada penelitian berikutnya untuk menambah sampel yang lebih banyak, menggunakan variabel lain seperti status daerah, kondisi geografis, luas wilayah, politik daerah dan lain-lain agar diperoleh hasil penelitian yang lebih mampu memberikan kontribusi dalam pengelolaan pinjaman yang lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci: Kapasitas Fiskal, Restrukturisasi Pinjaman, Rasio Pembayaran Pinjaman, Fixed Effect.