Abstrak


Motivasi Penggunaan Emoji pada WhatsApp dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan (Studi Korelasi Motivasi Penggunaan Emoji pada WhatsApp dan Kepuasan dalam Penyampaian Pesan di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2014 di Kota Surakarta)


Oleh :
Dian Patria Alan Huda - D0212033 - Fak. Ilmu Budaya


ABSTRAK


WhatsApp merupakan salah satu aplikasi layanan pesan singkat yang muncul akibat kemajuan teknologi yang ada pada saat in. Dengan WhatsApp manusia sebagai mahluk sosial dapat saling berkomunikasi kapanpun dan dimanapun berada. Layanan pesan singkat ini ditunjang dengan fitur emoji yang dimana berguna untuk menyampaikan emosi dan perasaan yang tidak bisa tersampaikan secara langsung. Emoji merupakan simbol bergambar yang menyerupai ekspresi wajah manusia, hewan, kegiatan, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara motivasi penggunaan emoji pada WhatsApp terhadap kepuasan dalam penyampaian pesan. Dalam penelitian ini meggunakan pendekatan teori uses and gratifications yang melihat tentang penggunaan media dan tingkat pemenuhan kebutuhan informasi. Jenis penelitian yang digunakan yakni kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa ilmu komunikasi di kota Surakarta yang terdiri dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Slamet Riyadi Surakarta, dan Universitas Sahid Surakarta.

Dari jumlah populasi 303 mahasiswa, sampel yang digunakan berjumlah
244 responden. Teknik sampling dalam metode ini yaitu simple random sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner, dan analisis data menggunakan uji koefisien korelasi Spearman.

Hasil uji koefisien korelasi Spearman antara motivasi penggunaan emoji pada WhatsApp dengan kepuasan dalam penyampaian pesan, diperoleh angka koefisien sebesar 0,779. Dengan melihat pedoman koefisein korelasi yang ada, hasil tersebut berada di tingkat kuat. Serta kedua variabel tersebut menjunjukan arah korelasi yang positif. Hal ini ditunjang dengan tingkat signifikansi hubungan kedua variabel tersebut sebesar 99%, dengan error tolerance sebesar 5%. Oleh karena itu, terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi penggunaan emoji pada WhatsApp terhadap kepuasan dalam penyampaian pesan.

 

Kata Kunci : Studi korelasi, uses and gratifications, motivasi penggunaan emoji pada WhatsApp, kepuasan dalam penyampaian pesan