Abstrak


Twitter dan Humas (Analisis IsiTweet Post pada Akun Twitter Polres Karanganyar Periode 11 Juli – 11 Oktober 2015)


Oleh :
Zaini Abdul Hakim Aviyanto - D1213079 - Fak. ISIP

ABSTRAK
Teknologi internet sangat memungkinkan manusia untuk saling bertukar informasi tanpa batasan ruang dan waktu, bahkan saat ini internet menjadi ujung tombak sebuah humas instansi dalam menyampaikan pesan dan berhubungan dengan masyarakat. Salah satunya adalah Twitter. Twitter merupakan bagian dari microblogging yang di mana dapat membantu penggunanya untuk mempublikasi mengenai pernyataan dalam 140 karakter kepada followersnya. Pekembangan teknologi ini juga berdampak dalam bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Pengaruh tersebut menjadikan beberapa instansi menggunakan media sosial twitter sebagai alat untuk menyampaikan komunikasi yang efektif dan tetap menjaga hubungan dengan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan isi pesan pada akun Twitter @PolresKra dalam memberi informasi kepada masyarakat.

    Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis isi terhadap tweet post dari akun Twitter @PolresKra dalam rentang waktu 11 Juli - 11 Oktober 2015 sebanyak 655 tweet dan telah dipilih secara sistematic random sampling sebanyak 171 tweet selama 24 hari. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan uji chi square untuk melihat kecenderungan isi pesan. Untuk mengkategorikan pesan, penulis membaginya dalam dua kategori, yakni jenis informasi dan bentuk pesan. Jenis informasi memiliki sub kategori kebijakan, program, dan kegiatan. Bentuk pesan memiliki sub kategori informatif, persuasif dan koersif.

    Dari analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat kecenderungan antara jenis informasi dan bentuk pesan pada akun Twitter Polres Karanganyar. yakni adanya 153 tweet post pada ketegorisasi kegiatan dan 154 tweet post pada ketegorisasi informatif.
Kata KUNCI : Twitter dan Humas