;

Abstrak


Pengembangan media video untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar ragam hias pada pembelajaran seni rupa di SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo


Oleh :
Kartika Mardikaningrum - S051508005 - Fak. Teknik

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media video yang dapat meningkatkan kreativitas siswa menggambar ragam hias pada pembelajaran seni rupa di SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dari model Borg & Gall. Prosedur yang digunakan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan format awal, (4) validasi ahli, (5) uji coba skala kecil, (5) uji coba skala besar, (6) keefektifan produk, (7) produk akhir media video. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis kelayakan video berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes keterampilan melalui t-test . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video efektif meningkatkan kreativitas dalam menggambar ragam hias pada pembelajaran seni rupa di SMP N 1 Mojolaban Sukoharjo. Hasil uji statistic untuk Uji t dependen, t hitung > t tabel (7,280972>1,69552) sehingga terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada kelas eksperimen. Hasil uji statistic untuk Uji t independen, Ho ditolak, t hitung > t tabel (5,423277>1,6698) sehingga terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media video dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas VII dalam menggambar ragam hias pada pembelajaran seni rupa di SMP N 1 Mojolaban, Sukoharjo.

Kata kunci : media video, kreativitas, menggambar ragam hias