Abstrak


Akun instagram @persibabantulofficial dan minat menyaksikan pertandingan Persiba Bantul


Oleh :
Himawan Alfitra Yudani - D0213047 - Fak. ISIP

ABSTRAK

             Persiba Bantul adalah tim sepakbola yang sedang berusaha meningkatkan jumlah penontonnya menggunakan instagram dengan akun @persibabantul official, media baru yang banyak diminati oleh orang banyak khususnya di kalangan remaja.

            Konten yang disajikan memiliki pengaruh yang tidak sedikit terhadap followers-nya, akan tetapi tidak semua followers mendapat pengaruh yang sama. Pengaruh yang didapatkan berbeda-beda berdasarkan penggunaan instagram serta kebutuhan dan keinginan masing-masing atas akun tersebut.

            Berlandaskan pemikiran tersebut peneliti ingin mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara terpaan akun instagram @persibabantulofficial terhadap minat followers akun instagram @persibabantulofficial untuk menyaksikan pertandingan Persiba Bantul di stadion pada musim kompetisi 2017, dengan variabel kontrolnya adalah media sosial yang lain, yaitu twitter.

            Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan populasi followers akun instagram @persibabantulofficial yang kemudian diambil 99 responden sebagai sampel. Sedangkan untuk mencari hubungan dan menguji hipotesis antara dua variabel menggunakan analisis korelasi Rank Kendall Tau - b dengan taraf signifikansi 5%.

            Hasil penelitian menunjukan koefisiensi korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah 0,266 dan nilai P=0,002, berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Sedangkan koefisiensi korelasi antara variabel Z dan variabel Y adalah 0,226 dan nilai P=0,009, berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa koefisiensi korelasi antara variabel X dan variabel Y lebih kuat dari pada koefisiensi korelasi antara variabel Z dan variabel Y.

Kata Kunci: Instagram, Media sosial, New Media, Persiba Bantul, Sepak bola, Minat