Abstrak


Sistem informasi berbasis android untuk monitoring inventory alat di lab. fisika Universitas Sebelas Maret


Oleh :
Galih Prionggo Aji - M3116032 - Fak. MIPA

Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) adalah salah satu Universitas Negeri di Indonesia yang berada di Kota Surakarta. Unit Pelaksana Teknis (UPT) memilik enam macam UPT salah satunya yaitu UPT Laboratorium Terpadu. Pada UPT Laboratorium Terpadu memiliki bermacam-macam labolatorium salah satunya yaitu Labolatorium Fisika.
Pemantauan merupakan suatu kegiatan mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan tertentu, dengan tujuan agar jumlah alat inventory yang terdata dengan yang ada di ruangan labolatorium fisika harus selalu sama.
Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode waterfall. Metode waterfall memiliki beberapa tahapan-tahapan diantaranya analisis kebutuhan sistem, desain sistem, implementasi atau penulisan kode dan pengujian program. Pengumpulan data pada analisis dilakukan dengan cara wawancara.
Dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat memudahkan pegawai dalam pengelolaan data dan informasi pemantauan inventory alat di UPT Labolatorium fisika, pegawai dapat memudahkan pemantauan inventaris alat. memudahkan dalam monitoring proses pemantauan inventaris alat, meminimalisir kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi, mempercepat waktu proses pemantauan inventaris barang