Abstrak


Upaya pengembangan desa wisata Nglanggeran sebagai destinasi ekowisata di Gunung Kidul


Oleh :
Galih Satria Yudhistira Sutanto - B3216020 - Fak. Ilmu Budaya

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana latar belakang terbentuknya Desa Wisata Nglanggeran dan mengetahui strategi apa yang sesuai untuk pengembangan di wilayah tersebut.
        Dalam laporan tugas akhir ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan praktik kerja yang dilakukan langsung di Desa Wisata Nglanggeran. Metode Wawancara dengan pengelola POKDARWIS Desa Wisata Nglanggeran, segenap masyarakat Desa Ngalnggeran dan beberapa pengunjung yang datang untuk memperoleh data, metode studi pustaka untuk memperoleh data dari buku, brosur, dan arsip Desa Nglanggeran.
         Hasil penelitian menunjukkan upaya pengembangan Desa Nglanggeran sebagai kawasan ekowisata yang berwawasan dengan lingkungan dengan menggunakan analisis SWOT .Desa Nglanggeran menjadikan upaya peningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya pengelolaan kepariwisataan yang ramah lingkungan. Memanfaatkan rencana strategi pengembangan kawasan ekowisata yang dapat memberi manfaat ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan atau konservasi.
          Kesimpulannya, bahwa Desa Nglanggeran kini telah berkembang menjadi desa yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun manca, dengan mengoptimalkan potensi alam dan budayanya kini menjadikan Desa Wisata Nglanggeran sebagai kawasan ekowisata yang eksotis. Konsep pemenuhan kriteria ekowisata telah disajikan dengan baik oleh pengelola seiring dengan trend  pariwisata saat ini menjadikan Desa Wisata Nglanggeran menjadi destinasi ekowisata unggulan untuk meraih pangsa pasar domestik maupun mancanegara