Abstrak


Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Melalui Model Problem Based Learning (PBL) (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPA Peserta Didik Kelas IV SD N Musuk 1 Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019)


Oleh :
Lilik Budi Maryanto - K7115095 - Fak. KIP

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan pada pembelajaran IPA peserta didik kelas IV SD N Musuk 1 Boyolali tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus dengan dua kali pertemuan tiap siklusnya. Subjek dalam penelitian terdiri dari guru dan peserta didik kelas IV SD N Musuk 1 Boyolali yang berjumlah 30 Peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan sikap peduli lingkungan pada peserta didik kelas IV SD N Musuk 1 Boyolali tahun ajaran 2018/2019 setelah dilaksanakannya tindakan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Peningkatan tersebut ditunjukan dari hasil ketuntasan klasikal dari pra tindakan sebesar 20% yang tuntas dengan kategori membudaya meningkat pada siklus I ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 33,3% yang tuntas dengan kategori membudaya. Siklus II mengalami peningkatan daripada siklus sebelumnya dengan ketuntasan klasikal 60% yang tuntas dengan kategori membudaya. Siklus III mengalami peningkatan kembali dengan ketuntasan klasikal 83,3% yang tuntas dengan kategori membudaya. Berdasarkan hasil yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap peduli lingkungan pada peserta didik kelas IV SD N Musuk 1 Boyolali tahun ajaran 2018/2019 dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).

Kata Kunci: sikap, peduli lingkungan, model pembelajaran, Problem Based Learning, sekolah dasar