Abstrak


Perencanaan dan perancangan interior restoran Sunda Center dengan konsep tropis di Sentul-Bogor (dining area, private area, family area)


Oleh :
Muzaki Hamdi - C0813025 - Fak. Sastra dan Seni Rupa

Desain Interior Restoran Sunda Center dengan Konsep Tropis di Sentul- Kabupaten Bogor. Pengantar Tugas Akhir: Prodi Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret.
Arsitektur   tropis   merupakan   wujud   kompromi   perancangan   bangunan   untuk
menjawab kondisi alam yang beriklim tropis seperti Indonesia. Arsitektur tropis dapat diterapkan pada bangunan, salah satunya restoran sunda. Tujuan perancangan pada restoran sunda center adalah untuk mengobati kerinduan masyarakat sunda yang berada  di  Jakarta  dengan  menghadirkan  konsep  interior  yang  mengambil  skema warna alam di Jawa Barat. Konsep interior tropis dikemas agar bisa mengekspos keindahan bukit sentul yang menjadi lokasi restoran sunda center. Metode desain yang digunakan adalah identifikasi objek perancangan, identifikasi masalah, pengumpulan data (observasi, wawancara, studi literatur) dan analisis data. Konsep tropis dapat diterapkan pada restoran sunda center dengan mengambil material tropis seperti batu alam dan kayu. Selama ini restoran sunda identik dengan material bambu dan tradisonalnya. Restoran sunda center terdiri dari resto sunda 1 untuk pengunjung umum dengan fasilitas duduk untuk 4 orang tiap mejanya, juga tersedia tempat bermain anak yang berisi permainan tradisonal sunda dan alat musik sunda seperti angklung. Resto sunda 2 untuk acara-acara private seperti meeting dan resto sunda 3 untuk pengunjung yang ingin duduk lesehan. Restoran sunda  center dirancang untuk memberikan  karakter  baru  pada  dengan  menampilkan  konsep  tropis  yang  erat
kaitannya degan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat sunda